Pendidikan Madrasah

Semarak Hari Anak Nasional, MI Darun Najah II Gelar Lomba Poster Anti Bullying

Selasa, 23 Juli 2024 21:18 WIB
  • Share this on:

Banyuwangi (Humas)-Menyemarakkan Hari Anak Nasional tahun 2024, yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, Madrasah Ibtidaiyah Darun Najah II Banyuwangi menggelar kegiatan Sosialisasi Anti Bullying, Selasa (23/7/2024).

Acara yang digelar di halaman madrasah itu  diikuti 250 siswi. Dimana kegiatan itu diawali dengan lomba membuat poster anti bullying, dengan tema, Anak Terlindungi, Indonesia maju.

Kepala MI Darunnajah II Majidatul Himmah  saat membuka acara menyampaikan, poster yang dibuat siswi itu dipajang hingga memenuhi dinding kantin madrasah. Hal itu dilakukan agar pesan pada poster tersebut menjadi pengingat yang dapat dilihat dan dibaca setiap saat oleh siswi.

"Anak-anak adalah bunga-bunga masa depan yang perlu kita rawat dengan cinta", ungkapnya.

Hadir sebagai narasumber tiga orang  perwakilan dari Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kabupaten Banyuwangi. 

1. Dimas Fahmi, dari Tim Puspaga( Pusat Pembelajaran Keluarga),

2. Alizha Amalia Rohmana dari Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), 

3. Syafaat (Kemenag Banyuwangi)  menyampaikan materi anti bullying kepada anak-anak.

Penyampaian materi dengan diselingi permainan dan bernyanyi bersama tersebut membuat anak-anak betah mendengarkan paparan yang diberikan, nyanyian yang diberikan merupakan nyanyian yang sarat dengan makna anti bullying dan mencegahan terhadap pelecehan.

“Anak-anak kita edukasi tentang pencegahan kekerasan, baik fisik, psikis maupun seksual dengan cara menjaga diri sendiri”, kata Syafaat.

Sementara itu Dimas menyampaikan bahwa anak-anak harus menyayangi sesama teman dan meghormati kepada yang lebih tua, begitupun dengan dampak yang terjadi jika terjadi bullying, baik kepada pelaku maupun korban. 

Anak-anak diajak untuk mengingat kembali apa yang sudah ditulis dan di tempelkan di dinding sebelum acara di mulai, karena dengan mereka menulis sendiri dan membacanya, akan mengingatnya.

Sesi Tanya-jawab menjadi hal yang menarik diikuti, anak-anak ini ditanya tentang perilaku yang terjadi di madrasah yang semua siswinya perempuan tersebut, dan selama ini belum pernah terjadi bullying dan dengan adanya kegiatan dalam rangka peringatan Hari Anak nasional ini diharapkan anak-anak semakin kompak dan peduli terhadap sesama.

Sementara, Alizha Amalia Rohmana atau biasa dipanggil Mbak Ica mengajak anak-anak untuk melakukan tepuk hak anak agar anak-anak lebih mengingat tentang hak-hak yang dilindungi oleh anak, yakni mereka yang usianya kurang dari 18 tahun.

Kegiatan ini ditutup dengan pelepasan balon udara diiringi doa dan sholawat dengan membawa harapan anak-anak akan menjadi masa depan bangsa yang lebih cerah dan bahagia. (eni)

 

Editor:
Yasin Alibi
Kontributor:
eny
Penulis:
eny
Fotografer:
Istimewa

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -