Bimas Katolik

Pembinaan Moderasi Beragama Tingkat Sekolah Dasar Katolik, Kepala Kemenag Ajak Tanamkan Kasih Sayang Sesama

Selasa, 20 Pebruari 2024 11:45 WIB
  • Share this on:

Banyuwangi (Humas)-Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Banyuwangi Chaironi Hidayat menyapa siswa Katolik tingkat dasar di Curahjati, Selasa (20/2/24). Acara yang digelar di aula rumah singgah itu letaknya satu lokasi dengan Gua Maria, Desa Curahjati Kecamatan Purwoharjo. Chaironi Hidayat atau yang lebih akrab disapa Pak Roni, membuka kegiatan Pembinaan Moderasi Beragama Bagi Siswa Katolik Tingkat Dasar Di Banyuwangi sambil bercerita kepada anak-anak.

"Tanamkan rasa kasih sayang kepada sesama, semoga anak-anakku tetap menjadi anak yang bisa mengasihi sesama tanpa harus memandang dari agama apa, dan suku apa mereka", pesannya.

Acara yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Katolik Kemenag Banyuwangi itu diikuti 50 peserta dari siswa tingkat dasar yang berasal dari SD Katolik Sang Timur Sumberjati. Kegiatan ini disambut antusias oleh Kepala Sekolah SD Katolik Sang Timur Sumberjati, Suster Klara Sulastrina atau yang lebih akrab dipanggil Suster Mathea.

"Saya sangat senang dengan kegiatan pembinaan seperti ini, dimana siswa kami mendapat perhatian dan kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai moderasi beragama. Semoga kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan dan menjadi program rutin dari Gara Katolik yang turun untuk menyapa siswa katolik yang tersebar di Kabupaten Banyuwangi", harap Suster Mathea.

Sebelumnya, Penyelenggara Katolik Kemenag Banyuwangi Aries Papudi dalam laporannya mengatakan, bahwa, moderasi beragama di sekolah adalah suatu pendekatan yang diterapkan dalam lingkungan pendidikan untuk mengajarkan nilai-nilai toleransi, pemahaman, dan kerjasama antara individu beragama yang berbeda.

“Tujuan kegiatan ini untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan harmonis dimana anak-anak dapat belajar dan tumbuh dengan menerima perbedaan agama”, terangnya.

Diharapkan, dengan pembinaan moderasi beragama dalam pendidikan dasar, dapat membentuk generasi yang menghargai perbedaan, membangun toleransi, dan mampu hidup berdampingan secara damai. (fanda)

 

 

 

 

Editor:
Yasin Alibi
Kontributor:
fanda
Penulis:
fanda
Fotografer:
Istimewa

Kalender

April 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -