Pendidikan Madrasah

Kepala Kemenag Buka Workshop IKM di MAN 4 Banyuwangi

Rabu, 21 Pebruari 2024 10:42 WIB
  • Share this on:

Banyuwangi (Humas)- Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di satker madrasah, Kepala Kemenag Banyuwangi, Chaironi Hidayat, membuka workshop implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Banyuwangi, Rabu (21/2/2024). Tema yang diangkat, Implementasi Kurikulum Merdeka, Wujudkan Merdeka Belajar Menguatkan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Rahmatan Lil 'Alamin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Chaironi Hidayat, dalam sambutannya, berharap kegiatan Workshop yang diadakan MAN 4 Banyuwangi ini memberikan dampak positif kepada perkembangan Madrasah.

Dirinya menegaskan, kegiatan semacam ini tidak sekedar dijadikan ritualitas tanpa makna,  namun bisa dijadikan sebagai salah satu sumber ilmu untuk berkembang ke arah yang lebih baik. “Setiap madrasah, terutama madrasah negeri memiliki tim pengembangan mutu agar kualitas madrasah mampu bersaing”, ungkapnya.

Di sisi lain, mantan Kepala Kemenag Sumenep itu menyampaikan pentingnya adaptasi terhadap perubahan dalam dunia pendidikan. Ia menyampaikan bahwa Kurikulum Merdeka merupakan langkah inovatif yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda dengan kemampuan yang relevan dengan kebutuhan zaman.

"Kurikulum Merdeka memberikan kesempatan kepada para pendidik untuk lebih kreatif dalam menyusun pembelajaran yang mengedepankan potensi siswa serta mengakomodasi perkembangan teknologi", ujar Chaironi.

Workshop ini dihadiri Pengawas, Kepala Madrasah, Guru, dan tenaga pendidik MAN 4 Banyuwangi. Mereka berpartisipasi aktif dalam diskusi dan sesi pelatihan yang dipandu oleh narasumber yang ahli di bidang pendidikan dan kurikulum.

Diharapkan, melalui workshop ini, para pendidik dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang konsep dan implementasi Kurikulum Merdeka sehingga mampu mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. (yas)

 

Editor:
Yasin Alibi
Kontributor:
Yasin Alibi
Penulis:
Yasin Alibi
Fotografer:
Istimewa

Kalender

Juli 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -