Pendidikan Madrasah

Kepala Kemenag Banyuwangi Hadiri Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan MAN 1 Banyuwangi

Jumat, 26 Juli 2024 22:30 WIB
  • Share this on:

Banyuwangi (Humas)-Kepala Kantor Kementerian Agama Banyuwangi, Chaironi Hidayat, menghadiri Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyuwangi, Jumat (26/7/2024) malam.

Acara yang digelar di lapangan Buyukan, Kertosari Jumat-Sabtu, 26-27 Juli 2024 itu diikuti oleh ratusan siswa  berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan yang mengedepankan nilai-nilai kepramukaan dan keagamaan. 

Tampak hadir mendampingi Kepala Kemenag, Kasi Pendidikan Madrasah Dimyati, Kepala MAN 1 Abdul Hadi Suwito, Pengawas Madrasah Askhab, dan para pembina pramuka.

Dalam sambutannya, Chaironi Hidayat mengapresiasi semangat dan antusiasme para peserta perkemahan. Menurutnya,  kegiatan ini sangat penting untuk membentuk karakter generasi muda yang tangguh, mandiri, dan berakhlak mulia. 

"Saya berharap melalui kegiatan ini, para siswa dapat mengembangkan potensi diri dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan serta keagamaan", ujar Chaironi.

Dirinya juga menyampaikan pentingnya menjaga semangat persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman. Pramuka adalah wadah yang tepat untuk belajar tentang kerja sama, toleransi, dan cinta tanah air. 

"Mari kita jaga semangat ini agar menjadi generasi yang membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara", tambahnya.

Informasi dari seorang pembina, bahwa peserta kemah terdiri dari siswa-siswi kelas X. Kegiatan ini berjalan dengan seru sejak pelepasan dari lapangan MAN 1 Banyuwangi. Para peserta kemah secara beregu berjalan kaki dari madrasah, menuju lokasi perkemahan. 

Mereka mendapat materi pertama dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0825 Banyuwangi. Materi yang disampaikan adalah pentingnya nasionalisme dan cinta tanah air. Selanjutnya, pemateri kedua dari personil Polresta Banyuwangi, dengan materi pentingnya menghindari kenakalan remaja.

Sebagai penutup, giliran Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) yang memberikan pengetahuan tentang potensi kebakaran yang bisa terjadi. Selain itu, Damkar juga memberi kesempatan para peserta kemah untuk mencoba memadamkan api dengan cara tradisional.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa MAN 1 Banyuwangi dapat terus mengembangkan diri dan berkontribusi positif bagi masyarakat. (yas)









 

Editor:
Yasin Alibi
Kontributor:
Yasin Alibi
Penulis:
Yasin Alibi
Fotografer:
Istimewa

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -