Bimas Hindu

Gara Hindu Kemenag Ajak Bangun Kolaborasi dengan Lembaga Keumatan dalam Rekuitmen Peserta Didik

Kamis, 25 April 2024 15:17 WIB
  • Share this on:

Banyuwangi (Humas)-Penyelenggara Hindu Kemenag Banyuwangi Oksan Wibowo menjalin Kooordinasi dengan Ketua PHDI Kabupaten Banyuwangi, Kepala Utama Widya Pasraman (UWP) Ganesa Parwati (Sekolah Setingkat SMA), Ketua Yayasan Ganesa Parwati dan Ketua UWP Ganesa Parwati di Utama Widya Pasraman Ganesa Parwati Kabupaten Banyuwangi, Rabu (24/4/2024). 

Pertemuan yang diadakan di Utama Widya Pasraman (UWP) Ganesa Parwati Kecamatan Purwoharjo juga dihadiri oleh Ketua Yayasan, Ketua Komite dan tentunya Kepala Sekolah berserta Perwakilan dari Guru Kelas.

Penyelenggara Hindu Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, Oksan Wibowo dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa UWP tidak saja milik satu dua orang atau satu dua organisasi, tapi merupakan milik bersama, sehingga keberlangsungan dan eksistensi UWP menjadi tanggungjawab bersama. 

"UWP harus segera berbenah dan perbaiki kualitas manajemen, baik di internal UWP maupun di Yayasan, membuka diri dan berkolaborasi dengan lembaga-lembaga keuamatan lainnya dalam upaya rekrutmen peserta didik", tandasnya.

Lebih lanjut Oksan mengatakan, sebagai lembaga pendidikan yang berbasis agama, UWP harus mampu menciptakan pendidikan karakter sehingga mampu mencetak generasi Hindu yang cerdas dan religius. Apalagai jika UWP mampu membranding diri, misalnya mampu mencetak siswa yang ahli dharma wacana (ceramah) siswa yang ahli mengkidung suci.

Dengan demikian kata Oksan, secara otomatis UWP akan memiliki nilai jual dan akan dikenal dan mendapat kepercayaan masyarakat.

Hal senada juga disampaikan Ketua PHDI Kabupaten Banyuwang, Ketua Yayasan Ganesa Parwati, dan Ketua Komite UWP berharap UWP terus berkembang, karena merupakan salah satu aset besar Umat Hindu di Banyuwangi yang fungsinya sebagai lembaga pencetak generasi Hindu yang berkualitas.

Sebalumnya, Kepala Sekolah UWP Ganesa Parwati Miswanto, menyampaikan tujuan pertemuan tersebut yaitu persiapan acara Samawartana (upacara mengakhiri masa Brahmacari atau masa menuntut ilmu) dalam Agama Hindu yang akan dilaksanakan pada 5 Mei 2024.

Pada kesempatan itu disampaikan juga tentang persiapan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) Tahun Ajaran 2024/2025 serta kondisi terkini UWP Ganesa Parwati. (sistia)

 

Editor:
Yasin Alibi
Kontributor:
Sistia
Penulis:
Sistia
Fotografer:
Istimewa

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -