Bimas Islam

Chaironi Hidayat Serahkan Buku Karya ASN Kemenag Banyuwangi

Jumat, 26 April 2024 14:17 WIB
  • Share this on:

Banyuwangi (Humas)-Kepala Kemenag Banyuwangi Dr. Chaironi Hidayat, menyerahkan buku karya ASN Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Pustakawan pada Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, Tukino, di ruang PTSP, Jumat (26/4/2024). Ikut mendampingi, Kasi Bimas Islam, dan Ketua Lentera Sastra.

Chaironi menyambut baik upaya dari Ditjen Bimas Islam yang melakukan digitalisasi buku-buku dari Banyuwangi yang diharapkan dengan digitalisasi tersebut buku dapat dibaca oleh kalangan yang lebih luas.

“Di Kemenag Banyuwangi ada komunitas Lentera Sastra yang menghasilkan banyak karya dan kegiatan yang diikuti oleh ASN maupun siswa madrasah”، katanya.

Chaironi menyampaikan bahwa di Kabupaten Banyuwangi menyimpan sejarah literasi yang sangat luar biasa, karena terbentuknya ANSHOR pada tahun 1934 juga berawal di Banyuwangi, begitupun dengan Shalawat Badar yang digubah oleh Kepala Kantor Kementerian Agama yakni KH. Ali Mansur pada tahun enam puluhan.

Roni berharap dengan kehadiran pustakawan dari Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia ini, akan memberikan semangat para penulis di Kabupaten Banyuwangi untuk menertitkan buku-buku keagamaan dan perpustakaan di tempat-tempat Ibadah di Kabupaten Banyuwangi.

Sementara Pustakawan Ditjen Bimas Islam  Tukino menyampaikan bahwa buku-buku yang diserahkan tersebut akan di digitalisasikan dan dapat dilihat di ELIPSKI (Elektronik Literasi Pustaka Keagamaan Islam). 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, salah satu manfaat Elipski adalah untuk meningkatkan literasi keagamaan umat, karena aplikasi ini berisi beragam fitur layanan literasi pustaka keagamaan di Indonesia. (syaf)

Editor:
Yasin Alibi
Kontributor:
Syafaat
Penulis:
Syafaat
Fotografer:
Istimewa

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -